Golkar Pemenang Pilkada Serentak 2017

Golkar Pemenang Pilkada Serentak 2017

 

Golkar Pemenang Pilkada Serentak 2017

Perhelatan Pilkada 2017 memang sudah lewat dalam beberapa waktu yang lalu. Yang sekarang tersisa adalah ada beberapa daerah yang harus kembali melakukan pemilihan untuk  putaran ke-2 dimana salah satunya adalah Pilkada DKI yang akan berhadapan antara paslon Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. Kemudian selain itu, Pilkada masih menyisakan beberapa kericuhan dimana ada paslon yang tidak puas dengan hasil perolehan suara yang diumumkan oleh KPU. Tapi mari kita tinggalkan kesemerawutan tersebut.

Karena yang sebenarnya menjadi pertanyaan sesungguhnya adalah partai mana yang memenangkan pemilu paling banyak dari 101 daerah pemilihan tersebut? Ternyata bukan partai pengusung pemerintahan sekarang yaitu PDIP. Ternyata yang paling banyak adalah partai Golkar yang paling banyak meraih kemenangan daripada partai lainnya. Tentu saja ini bisa membuktikan satu hal terlebih dahulu jika partai penguasa PDIP tidak serta merta bisa mampu menguasai peta politik tanah air. Walaupun tentunya kemenangan yang saat ini diraih partai Golkar bukan datang dengan sendirinya.  Mengapa hal ini bisa sampai terjadi? Inilah keahlian partai yang dulu menjadi penguasa “tunggal” perpolitikan ditanah air.

Ternyata mereka sudah melakukan test menyeluruh kepada semua calon Kepala Daerah yang akan maju dimana mereka yakin calonnya tersebut akan bisa pasti memenangkan Pilkada didaerahnya masing-masing. Hal inilah yang menjadi kepiawaian partai Golkar yang mampu menang 55% dari meraih kemenangan dengan mengusung 98 kandidat mereka dalam Pilkada 2017. Walaupun begitu, Golkar sebenarnya kalah efektif dari partai lain yaitu Partai PKB dan Nasdem yang ternyata berhasil memenangkan sebesar 56% dari kandidat yang mereka usung dalam Pilkada 2017 kali ini.

Golkar Pemenang Pilkada Serentak 2017

Kemudian setelah itu urutan berlanjut pada partai Demokrat, PKS dan PDIP yang memperoleh 50% dari kandidat yang diusungkan dimana menempatkan mereka diurutan ke-3. Setelah itu disusul Partai Gerindra sertai Partai Hanura di angka 49%, PPP dengan 38%, PBB 35% dan kemudian 25% untuk PKPI. Tapi bagaimana jika kita melihat peta koalisi? Ternyata yang menang dalam berkoalisi adalah partai Nasdem-partai Golkar. Dimana mereka sukses membuat 32 kemenangan sebagai koalisi tersukses dalam Pilkada kemarin. Setelah itu disusul koalisi yang dibangun oleh Partai Golkar-Partai Demokrat dengan mencatat 30 kemenangan berkoalisi.

Berikut urutan partai pemenang Pilkada 2017:

  1. Partai Golkar (54 kemenangan)
  2. Partai Nasdem ( 47 kemenangan)
  3. Partai Demokrat ( 45 kemenangan)
  4. PDIP ( 45 kemenangan)
  5. Partai Gerindra ( 40 kemenangan)
  6. PKB ( 40 kemenangan)
  7. PKS ( 39 kemenangan)
  8. PAN ( 39 kemenangan)
  9. Partai Hanura ( 35 kemenangan)
  10. PPP ( 26 kemenangan)
  11. PBB ( 11 kemenangan)
  12. PKPI ( 3 kemenangan)