Jokowi Kirim Bantuan Pada Pengunsi Rohingya

Jokowi Kirim Bantuan Pada Pengunsi Rohingya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari Rabu mengirim bantuan kepada pengungsi Rohingya yang mengungsi dari rumah mereka di Myanmar dan mencari perlindungan di Bangladesh.

Pemberian bantuan pertama, yang mencakup tenda, beras, gula dan perlengkapan sanitasi, akan dikirim oleh empat pesawat Hercules yang dioperasikan oleh Militer Indonesia.

Setelah terbang dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah di Jakarta Timur, pesawat akan berhenti mengisi bahan bakar di Aceh sebelum melanjutkan perjalanan ke kota Chittagong di Bangladesh.

Pesawat tersebut juga akan mengangkut 18 sukarelawan dari Indonesia yang akan membantu pekerjaan kemanusiaan di pusat-pusat pengungsi di Cox Bazaar, Bangladesh.

Presiden Jokowi mengatakan penggelaran pesawat Hercules akan memastikan bahwa bantuan tersebut dapat disampaikan dengan cepat.

“Butuh waktu lebih lama jika kita mengirimkan bantuan ke dalam kontainer,” kata Jokowi.

Eksodus lebih dari 370.000 Rohingya dari negara Rakine dimulai setelah militan menyerang pos polisi pada 25 Agustus, yang memicu reaksi militer.

Bantuan ini merupakan salah satu tindakan nyata yang dilakukan oleh pihak pemerintah Indonesia untuk membantu para pengungsi Rohingya. Sebelumnya juga, Jokowi telah memerintahkan Meteri Retno untuk menemui beberapa pihak di Myanmar untuk membahas kasus ini.

Kasus pengusiran dan pembunuhan pada etnis Rohingya memang kini tengah disoroti oleh seluruh dunia. PBB sendiri telah mengecam pembantaian yang terus dilakukan oleh pihak militer Myanmar terhadap etnis Rohingya.

Selain itu, ada banyak unjuk rasa yang terjadi di Indonesia untuk menuntut pemerintah Myanmar segera menghentikan genosida terhadap entis Rohingya serta memberikan hak dan kewajiban serta kewarganegaraan terhadap penduduk Rohingya.