Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Aman Tanggung Jawab Bersama

PURWAKARTA-Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH menyebutkan, banyak orang atau kelompok masyarakat yang hidup dari ketidaktentraman atau ketidakamanan wilayah. Apabila dibandingkan dengan masyarakat yang menginginkan daerahnya aman dan tentram, kelompok atau orang tersebut jauh lebih sedikit.
Menurutnya, untuk menjaga kedamaian, keamanan dan kondusivitas wilayah adalah tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat, TNI/polri dan pemerintah daerah. “TNI/polri dan pemerintah daerah membangun sinergitas dan solidaritas kebersamaan untuk kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar bupati dalam apel bersama antara TNI/polri dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta di halaman Polres Purwakarta, Senin (23/5).
Ia menjelaskan, dua bagian ketentraman hidup yakni menunjang rasa aman dan nyaman dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk menciptakan rasa nyaman dan aman ketentraman digolongkan dalam dua bagian, yaitu ketentraman fisik dan ketentraman batin. Ketentraman fisik yang dimaksud, adalah bagaimana pemerintah daerah mampu menciptakan fisik pembangunan yang harus dijaga bersama-sama seperti jalan. “Dengan perbaikan jalan maka masyarakat akan merasa nyaman, sedangkan tugas TNI/polri adalah menjaga hal-hal yang fisik ini bebas dari tangan, kaki, pikiran orang usil yang ingin merusak,” ungkap bupati.
Apabila pemerintah berhasil membangun fisik, maka pemerintah harus membangun dan menciptakan nilai estetika hal-hal yang bersifat keindahan dan kesejahteraan. Karena kesejahteraan itu pada level masyarakat yang pendidikannya sudah tinggi, bukan hanya melihat dari pemenuhan fisik seperti sandang dan pangan, akan tetapi sudah kepada pemuasan batinnya.
“Rasa damai, aman dan kondusif dalam kehidupan bernegara sangat dibutuhkan terutama dalam membangun, baik membangun ekonomi, pertahanan dan kesejahteraan. TNI/polri dan pemerintah daerah harus bahu-membahu bekerja sama untuk menciptakan kondisi tersebut,” tandasnya.
Bupati mengajak seluruh elemen TNI/polri dan pemerintah daerah di Kabupaten Purwakarta serta masyarakat lainnya bersama-sama membangun Purwakarta yang aman, damai dan kondusif, untuk menunjang dan menciptakan iklim yang baik untuk kesejahteraan masyarakat.
Hadir dalam apel tersebut Komandan Resimen Armed 2/1 Kostrad, Danyon Armed 9 Pasopati, Kapolres Purwakarta, jajaran perwira/bintara di lingkungan TNI AD dan polri serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.(ays)


 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...