Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Arus Mudik Minim Laka Lantas

KARAWANG-Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi Sabtu dan Minggu (3-4/9) mendatang. Mengingat, hari kerja akan dimulai Senin (5/9). Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Karawang AKBP Merdy Syam kepada Pasundan Ekspres, kemarin.
“Kepadatan arus balik diprediksi akan memuncak pada hari Sabtu dan Minggu besok, hal tersebut berdasarkan pemantauan para petugas di lapangan pada pasca lebaran ini. Arus balik perlahan-lahan meningkat sejak kamis (1/9) di beberapa titik lokasi jalur mudik/balik Kabupaten Karawang,” tuturnya.
Merdy juga membenarkan puncak arus balik dipengaruhi oleh mulai efektifnya waktu kerja pada Senin mendatang. Sehingga kat dia, para pemudik akan kembali ke perantauannya sebelum tanggal tersebut.
Namun Merdy memprediksi, kecil kemungkinannya kaum urban yang datang ke kota berpengaruh pada kepadatan arus lalu lintas pasca lebaran tahun ini.  “Mungkin karena waktu libur lebaran tahun ini lebih pendek, sehingga kemungkinan adanya lonjakan arus balik dari jumlah pemudik membawa serta pendatang baru tidak begitu signifikan. Namun yang pasti kami tetap siaga untuk mengantisipasi hal tersebut,” tegasnya.
Dikatakan Merdy Syam pula, arus balik tahun ini angkanya cenderung turun dari tahun lalu. “Bila dibanding tahun lalu, jumlah pemudik tahun ini yang menggunakan roda dua cenderung menurun. Namun justru hal sebaliknya, pemudik yang menggunakan roda empat mengalami peningkatan,” tuturnya. Namun ia tidak menjelaskan angka maupun prosentasenya secara pasti.
Sementara mengenai jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi  sepanjang mudik lebaran hingga pasca lebaran kemarin (Kamis, 1/9) Merdy mengatakan, jalur mudik/balik di wilayah Kabupaten  Karawang hingga hari ini (Kamis, 1/9) tidak ada angka kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. “Namun ada beberapa kecelakaan kecil yang itupun tidak berpengaruh pada arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Mudah-mudahan hingga berakhirnya arus balik ini tidak ada kecelakaan
sekecil apapun di jalan,” ujarnya.
“Perlu diwaspadai juga jalur yang rawan kemacetan dan kecelakaan diantaranya adalah jalur Pantura. Terutama di persimpangan Jomin dan Cikopo. Untuk itu, para pemudik yang kembali ke kota perantauannya agar tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu serta aturan lalu lintas
yang ada,” tandasnya.(edn)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...

iklan kanan