Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Paguyuban Mojang Jajaka Karawang

KARAWANG-Mereka yang tergabung dalam komunitas ini, dapat dipastikan memiliki minat lebih di dunia modeling. Mereka terabung dalam sebuah wadah bernama Paguyuban Mojang Jajaka Karawang. Sesuai dengan namanya, anggotanya tidak lain dan tidak bukan kontestan Pasanggiri Mojang dan Jajaka yang digelar setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).
Paguyuban ini diketua Adam Ramadhan yang tercatat sebagai pemenang Pasanggiri Mojang Jajaka Karawang, angkatan pertama tahun 2006. Adam mengaku, paguyuban ini terbentuk sejak pertama kali Pasanggiri Mojang Jajaka digelar di Karawang. “Sempat mengalami krisis kepengurusan, karena tidak sedikit anggota ini memiliki kesibukan masing-masing. Kini Paguyuban ini eksis kembali dan saat ini jumlah anggota aktifnya mencapai sekitar 80 orang,” kata Adam kepada Pasundan Ekspres, kemarin (8/12).
Berbagai agenda kegiatan diperoleh setiap anggota komunitas ini. Yang paling sering diantaranya, menjadi duta dalam acara sosialisasi yang digelar pemerintah. Adam mengatakan, setiap organisasi perangkat daerah, menjadi mitra kerjanya.
“Sebut saja Badan Pelestarian Lingkungan Hidup Daerah. Dalam penyampaian sebuah materi sosialisasi, seperti pentingnya penanaman atau penghijauan, jika orang dinas yang berbicara di hadapan masyarakat, mungkin terkesan biasa-biasa saja atau bahkan cenderung membosankan. Jika kami yang menyampaikan, anak muda yang penuh enerjik juga disampaikan dengan cara yang tepat dan menarik, hasilnya pasti berbeda,” kata Adam.
Manjadi duta pariwisata menjadi tugas lainnya anggota komunitas ini. Memasarkan dan memperkenalkan objek wisata di Karawang kepada masyarakat luas sering dilakukan salah satunya dengan cara talk show di radio-radio.
“Hikmah yang dapat diambil yaitu terbukanya wawasan karena sering bertemu dengan banyak orang. Dulu saya tidak tahu sejarah atau bahkan keindahan objek wisata di Karawang. Kini semuanya telah kami kuasai,” kata Adam.(use)


 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...