Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Karyawan Tetap Jualan

Puslabfor Sterilkan Lokasi Kebakaran Heaven
KARAWANG - Tim Puslabfor Mabes Polri, Kamis (15/12)  melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran Heaven Elektronik Center (HEC). Tim Puslabfor memeriksa seluruh bagian pusat elektronik terbesar di Karawang yang habis terbakar pada Selasa (13/12) malam lalu.
Didampigi  petugas dari Polsek Karawang Kota, tim Puslabfor melakukan pemeriksaan terkait penyebab terbakarnya pusat elektronik tersebut. "Saat ini yang kami lakukan baru melakukan observasi temat dan melakukan pemotretan, dan meminta keterangan dari saksi mata," ungkap Ketua TIM Puslabfor, AKBP M Ali ketika ditemui di lokasi kejadian, Kamis (15/12).
Dari pantauan di lokasi kejadian, Kamis (15/12) nampk puing-puing dari barang-barang yang dijual hangus tidak tersisa. Beberapa  pedagang handphone yang biasanya memenuhi pinggiran komplek Heaven kini sudah tidak nampak. Hanya  ada beberapa pekerja sedang membersihkan puing-puing bekas kebakaran.
Dari  keterangan yang berhasil dihimpun dari para pekerja, mereka tetap bekerja kendati bukan di tempat tersebut, mengingat saat ini Heaven sedang mengadakan promo akhir tahun.
"Ya walau kondisi seperti ini kami akan tetap mempekerjakan karyawan kami mengingat saat ini kami sedang melakukan promo akhir tahun," ungkap Rudi Suvervisor HEC.
Ditambahkan AKBP M Ali, saat ini yang dilakukan Puslabfor Mabes Polri adalah melakukan identifikasi penyebab terjadinya kebakaran. Selain  itu juga yang dilakukan Puslabfor adalah melakukan obserfasi tempat kejadian dan melakukan pengambilan foto seluruh sudut di lokasi tersebut.
Untuk memuluskan usaha pencarian fakta penyebab terjadinya kebakaran, Tim Puslabfor Mabes Polri menyeterilkan seluruh kawasan Heaven. Polisi memasang garis polisi mulai dari pagar luar kawasan Heaven.
Selain garis polisi sebagai larangan melintas selain petugas polisi di pasang di pagar luar, tim juga memasang di sekeliling pelataran gedung. Hal itu bertujuan agar lokasi kebarakan masih tetap utuh dan steril dari campur tangan orang yang tidak bertanggungjawab.
Bahkan upaya sterilisasi lokasi kebakaran Heaven itu juga diaplikasikan dengan memperketat orang yang melintas di garis polisi. Selain petugas polisi dari Tim Puslabfor dan pendamping dari Polsek Kota dilarang memasuki lokasi gedung.
Seluruh karyawan dan pekerja toko di Heaven juga dilarang masuk. Bahkan para wartawan baik cetak maupun elektronik dihalau keluar batas garis polisi ketika hendak mengambil gambar.
Heaven Elektronik Center merupakan pusat perbelanjaan elektronik, yang terletak di Babakan Cianjur Kelurahan Nagasari Kecamatan Karawang habis dilalap si jago merah. Seluruh bangunan yang terdiri dari tiga lantai itu hangus terbakar. Banyaknya barang-barang elektronik yang mudah terbakar membuat api semakin mudah merembet ke seluruh bagian bangunan.
Asal api menurut dugaan sementara, akibat konsleting hubungan arus pendek listrik di salah satu toko eletronik yang berada di lantai dua. Api kemudian  menjalar ke pertokoan yang ada di lantai satu dan tiga.
Meski dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa tapi kerugian financial diperkirakan sebanyak mencapai Rp10 miliar. Saat  terjadi kebakaran UPTD Kebakaran Ciptakarya menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran yang dibantu mobil pemadam kebakaran milik KIIC dua unit, PT Pindodeli dua unit, dan sisanya dari Pupuk Kujang dan Peruri masing-masing satu unit.
Api baru baru berhasil dipadamkan empat jam setelah datang delapan mobil unit UPTD Kebakaran Dinas Ciptakarya, PT Pupuk Kujang, Peruri, dan Kawasan Industri yang ada di Karawang, hingga Rabu (14/15) pagi beberapa titik api masih terlihat di sudat pertokoan yang berdekatan dengan Lintasan Kereta Api Jalan Tuparev Karawang.(kus)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...

iklan kanan