Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Suzuki Ertiga sebagai Mobil Keluarga

KALAU menginginkan mobil yang mempunyai kabin lebih lapang, mungkin Ertiga bisa dijadikan pilihan. Mobil besutan Suzuki ini didesain dengan pengaturan kursi yang efisien. Penumpang yang duduk di baris mana pun akan terasa nyaman. Selain itu, interiornya juga dibuat nyaman sehingga tepat sebagai mobil keluarga.
ProdukSuzuki Ertiga ini telah resmi diluncurkan di diler Restu Mahkota Karya (RMK) Karawang. Hal ini membuat masyarakat menjadi tertarik, apalagi saat Grand Launching Ertiga ini disediakan program test drive mobil jenis Multi Purpose Vihile (MPV).
Branch Manager PT Restu Mahkota Karya Suzuki Authorized Dealer, Johan Mualim mengatakan, Ertiga memiliki tiga varian, yaitu Suzuki Ertiga GA, Suzuki Ertiga GL, dan Suzuki Ertiga GX. Sementara untuk tampilan, konsumen bisa memilih warna lain Dusky Brown, Serene Blue, Pearl White, Cool Black, Silky Silver, Graphite Grey, Radiant Red, dan Burgundy Red. Sebagai kendaraan serbaguna (MPV), Ertiga dilengkapi mesin berkapasitas 1.400 cc dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC Variable Valve Timing (VVT). Torsinya 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. Pembakaran bahan bakar diklaim sempurna karena dilengkapi multi point injection. Fitur ini memungkinkan bahan bakar dikontrol secara elektronik.
“Suzuki Ertiga merupakan mobil tiga baris kursi penumpang yang didesain khusus dengan anggun dan pengaturan kursi yang efisien, sehingga semua penumpang akan merasa nyaman ketika duduk, baik di baris pertama, kedua, maupun ketiga. Kehadiran Ertiga dapat menjawab keinginan pasar Indonesia yang mendambakan kehadiran kendaraan baru model MPV dengan tiga baris penumpang,” kata Johan kepada Pasundan Ekspres di kantornya, Minggu (29/4).
Dikatakan, Ertiga ini kualitasnya bisa dibandingkan dengan produk lain. Pasalnya ruang kabin Ertiga tidak hanya mampu memuat tiga baris kursi penumpang yang serba guna, tetapi juga memiliki tata ruang yang didesain nyaman bagi semua penumpang di setiap barisnya. “Daya tarik Ertiga ini ada pada pengaturan tempat duduk yang mewah dengan desain interior yang dapat memenuhi kenyamanan sekaligus memberi kesan sebagai family car dalam kelas MPV. Untuk tipenya sendiri Ertiga ini memiliki tiga tipe yaitu, GA untuk versi standar, GL untuk menengah, dan GX paling terlengkap. Untuk kelengkapan keamanan, Ertiga sudah dilengkapi dengan dual airbag plus ABS (tipe GX), immobilizer (Tipe GX & GL), serta perlengkapan tilt steering. Kami berharap Ertiga ini menjadi produk unggulan Suzuki tahun ini,” ujarnya.
Hal yang sama juga dikatakan Arif Firmansyah SPV RMK Karawang. Menurutnya, Ertiga mengandalkan mesin bensin 1,4 liter dengan tenaga 94 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 130 nanometer pada 4.000 rpm. “Bisa dikatakan konsumsi bahan bakar diklaim satu liter menembus 16 km. Namun kami optimistis Ertiga punya kelas tersendiri yakni penggabungan antara MPV dan Sedan,” jelas Arif.
Mengenai target penjualan, Arif menjelaskan dari data yang diperoleh PT Suzuki Indomobil Motor sampai saat 4.700 unit mobil Ertiga yang sudah terjual di seluruh Indonesia. Untuk di Karawang sendiri, kata Arif, sudah mencapai 100 unit penjualan maupun yang memesan. Selain itu, segmen dari kendaraan jenis MPV  ini adalah pekerja kantoran yang biasanya memerlukan mobilitas yang  tinggi, tapi tidak menutup kemungkinan semua segmen bisa masuk.
“Kami harap Ertiga ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Karawang. Ada tiga varian yang dapat dipilih oleh konsumen, yaitu Suzuki Ertiga GA dengan harga Rp143 juta, Suzuki Ertiga GL dengan harga Rp153 juta, dan Suzuki Ertiga GX dengan harga Rp165 juta” paparnya.(gun)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...

iklan kanan