Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Dua LSM Saling Bentrok

Karena Anggota LSM LMP Membelot ke GMBI dan Anggota GMBI Membelot ke LMP
KARAWANG-Puluhan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bentrok di Jalan Panatayuda sekitar pukul 16.30, Rabu (27/6). Bentrokan tersebut antara LSM Gabungan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dengan LSM Laskar Merah Putih (LMP).
Bentrokan tersebut dipicu aksi kekerasan yang diduga dilakukan Aju, Korwil LSM LMP Rengasdengklok terhadap Rodek, Korwil LSM GMBI Rengasdengklok. Aksi kekerasan (penamparan) terjadi karena Rodek yang semula anggota LMP membelot ke GMBI. Sedangkan Aju yang dulunya anggota GMBI berpaling menjadi anggota LMP.
Dari keterangan yang disampaikan Panglima GMBI Karawang, Sarbini, terjadinya penggamparan oleh pihak LMP terjadi di wilayah Rengasdengklok. Mendengar anggotanya mendapat perlakuan seperti itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pimpinan LMP di Karawang. “Awalnya kami sudah berkoordinasi dengan kedua belah pihak. Dan semuanya sudah dianggap selesai,” kata Sarbini kepada wartawan, Rabu (27/6).
Diteruskannya, selang beberapa menit sudah ada kata damai, tiba-tiba puluhan massa dari LMP menyerang ke markas GMBI dengan jumlah sekitar 60 orang. Sedangkan, kata Sarbini, dikubunya hanya berjumlah 15 orang. Tidak terelakan bentrokan pun terjadi. Bahkan, lanjut Sarbini, diduga massa dari LMP membawa senjata tajam, seperti senjata api, celurit dan parang.
“Karena anggota kami sedikit, kami hanya bertahan dengan tangan kosong dan peralatan yang ada di depan kami untuk menjada diri. Sebab, dari kubu LMP ini membawa senjata tajam, ya senjata api, celurit,” jelasnya.
Bentrokan tersebut tidak berlangsung lama, karena ratusan personel kepolisian yang kebetulan sedang menjaga pertandingan sepak bola, sempat datang ke lokasi untuk mendinginkan suasana.
Tidak lama berselang datang Kapolres Karawang Arman Ahdiat SIK MSi untuk menengahi kedua belah pihak. Kata Arman, pihaknya sudah mengamankan kedua pimpinan LSM tersebut untuk diproses secara kekeluargaan menyelesaikan permasalah. Mengenai adanya anggota LMP yang membawa senapan api, pihaknya membantah dengan tegas.
“Bukan senjata api, tapi pistol mainan saja. Untuk senjata tajam lainnya sudah kami amankan. Sekarang kami sedang melakukan proses penyelesaian perdamaian antara kedua kubu ini,” tegas Kapolres Arman.(gun)

 

Pooling Capres & Cawapres Indonesia 2014

Siapa Pemimpin Pilihan Anda?
 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...