Harian Umum Pasundan Ekspres Online

GIBAS Tuntut PT Bridgestones Tire Indonesia

KARAWANG-Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) Karawang melakukan aksi unjuk rasa di depan PT Bridgestones Tire Indonesia yang dianggap melakukan tindakan sewenang-wenang terhadap 32 pekerja dan 41 security perusahaan tersebut.
Para pegawai tersebut di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) secara sepihak oleh perusahaan. Persoalannya, pesangon, penghargaan masa kerja dan pergantian hak para pegawai tidak diberikan sebagaimana kesepakatan awal antara karyawan dan perusahaan.
Disampaikan oleh Lili Gozali, Sekretaris Jenderal GIBAS Karawang saat ditemui disela-sela aksi unjuk rasa memaparkan bahwa PT Bridgestones Tires Indonesia telah melenceng dari undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku. “Sebagaimana yang tertuang dalam pasal 156 ayat 2 UU No 13 tahun 2013 disebutkan bahwa besaran pesangon 2 kali ketentuan pasal tersebut. Sementara untuk pergantian masa kerja sebanyak 1 kali, sesuai pasal yang sama ayat 3, dan pergantian hak juga 1 kali, sesuai dengan ayat 4 dipasal yang sama juga,” tegas Lili.
Tak hanya menuntut soal hak-hak puluhan karyawan, GIBAS Karawang juga mendesak agar PT Bridgestones Tire Indonesia mengangkat tenaga kerja kontrak yang sudah habis masa kontrak kerjanya. Selain itu, bagi mereka yang sudah bekerja selama 3 tahun juga diminta diangkat menjati tenaga kerja permanen (PKWTT). “ Ditambah mengubah status tenaga kerja outsourching yang telh bekerja di perusahaan selama lebih dari 2 tahun menjadi PKWTT agar menjadi tenaga permanen,”ujarnya.
Lili berharap agar pihak managemen mendengarkan aspirasi mereka, mengingat selama ini mereka sudah mengadukan nasib mereka ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang, namun tidak pernah digubris. Usai aksi unjuk rasa berlangsung, siang harinya sebagian perwakilan GIBAS Karawang, dan karyawan mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mengadakan audiensi dengan PT Bridgestones guna mencari jalan keluar dan solusi yang disepakati kedua belah pihak.(use/lsm)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...