Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Pesta Rakyat Simpedes Spektakuler

KARAWANG–Meriah dan spektakuler. Begitulah suasana Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI yang diadakan di lapangan Kecamatan Telagasari Sabtu (24/9). Sebuah perhelatan akbar yang memanjakan para nasabah BRI disambut riuh dan gembira.

Alunan suara musik dan aneka hiburan yang disuguhkan membuat acara ini semakin bergelora. Masyarakat yang berkunjung juga dapat berbelanja aneka kebutuhan sehari-hari di stan-stan yang tersedia.
“Berbeda dengan perayaan biasa, pesta ini merupakan apresiasi Bank BRI kepada masyarakat pedesaan yang selama ini telah menjadi nasabah setia Tabungan Simpedes, tabungan khusus bagi rakyat pedesaan yang diluncurkan sejak tahun 1984 dan melegenda hingga saat ini,” kata Asisten Menejer Bisnis Mikro BRI Kantor Cabang Cikampek, Nawawi.
Dikatakannya, produk Tabungan  Simpedes telah cukup lama belum memiliki strategi komunikasi yang pas dan menyentuh rakyat banyak. Hanya sebatas melakukan kegiatan pengundian bagi para penabung Simpedes.
Pesta Rakyat Simpedes juga melibatkan berbagai kesenian, potensi dan budaya lokal yang ada di masyarakat setempat, serta kegembiraan perayaan agustusan,  sebagai wujud penghargaan Bank BRI kepada berbagai keragaman dan potensi yang ada dalam masyarakat.
Menurut Nawawi, selain spektakuler dan akbar, Pesta Rakyat Simpedes juga unik karena menampilkan aneka kegiatan bukan hanya dalam bentuk kesenian semata tetapi juga pesta rakyat dalam arti yang sebenarnya.
“Setiap even Pesta Rakyat Simpedes setidaknya dilakukan empat hal. Pertama, mengadakan pasar murah yang diikuti oleh para pedagang yang menjadi nasabah BRI, di sini para pedagang diberikan stan gratis untuk menjual aneka produk yang dapat ditawarkan kepada pengunjung acara,” ungkapnya.
Kedua, melakukan pawai yang diikuti oleh masyarakat, pelajar, tokoh-tokoh masyarakat setempat, serta para nasabah. Ketiga, membuka panggung. Di panggung inilah berbagai aktraksi kesenian lokal ditampilkan. “Yang suka bernyayi, boleh langsung menyumbangkan suaranya, begitu juga yang hobi berjoget,” tambahnya.
Keempat, panen hadiah. Di acara inilah sekaligus diselenggarakan acara pengundian hadiah bagi para nasabah Simpedes. “Berbagai hadiah disediakan oleh BRI mulai dari uang tunai, mobil, motor, dan ratusan produk elektronik lainnya. Benar-benar meriah, benar-benar spektakuler,” ungkapnya.
Selain sebagai wahana hiburan bagi masyarakat, khususnya yang berada di daerah-daerah, Pesta Rakyat Simpedes juga menjadi wahana memperkenalkan produk Simpedes kepada masyarakat.
Bagi para penabung yang pertama kali membuka rekening Simpedes diberikan aneka hadiah yang menarik dan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang akan diundi pada saat Pesta Rakyat Simpedes digelar.
Pesta Rakyat Simpedes direncanakan menjadi agenda rutin setiap semester di Kanca BRI terkait dengan program penarikan undian Simpedes.  Dalam jangka panjang diharapkan menjadi semacam tradisional even atau ikon kegiatan di wilayah kerja Kanca BRI setempat yang bertujuan untuk menyegarkan kembali  merek produk Simpedes sehingga menimbulkan citra baru Simpedes yang lebih baik, membangun dan meningkatkan loyalitas nasabah BRI unit terhadap Tabungan Simpedes, serta menjawab tantangan persaingan dan menegaskan posisi BRI sebagai market leader di sektor mikro di  Indonesia.
Acara ini juga sebagai pernyataan bahwa produk Simpedes masih menjadi prioritas utama dalam kegiatan bisnis BRI.(kus)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...