Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Daftar Tunggu Pemberangkatan Haji Sampai 2016

PURWAKARTA-Minat masyarakat Purwakarta untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Hal ini terlihat dari antrean daftar tunggu pemberangkatan sudah mencukupi sampai tahun 2016.
Hal tersebut diungkapkan Kasi Haji dan Umroh H Zaenal Mutaqin kepada Pasundan Ekspres, kemarin. Menurutnya, kuota calon jamaah haji asal Kabupaten Purwakarta setiap tahun tetap sesuai jatah dari Provinsi Jawa Barat. “Tingginya minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji sementara kuota setiap tahun terbatas. Akibatnya calon jamaah haji yang mendaftar tahun ini harus menunggu sampai tahun 2016 untuk pemberangkatannya,” terangnya.
Dijelaskannya, kuota jumlah jamaah haji ditetapkan oleh Pemerintah  Arab Saudi. Selanjutnya, tiap-tiap negara memiliki kebijakan sendiri untuk mendistribusikan calon jamaah haji yang akan diberangkatkan. Lebih jauh dikatakan, sebagai negara dengan penganut Islam terbesar, Indonesia memiliki jumlah kuota yang paling banyak. “Namun karena jumlah peminat juga besar, akibatnya daftar tunggu sangat panjang sampai tahun 2016,” paparnya.
Masih menurut H Zaenal Mutaqin, jamaah haji yang berangkat pada tahun ini, merupakan jamaah haji yang telah mendaftar tahun 2006 atau 2007. Untuk tahun ini, calon haji yang akan berangkat sebanyak 16 bus dibagi-bagi dalam beberapa zona Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).
Sementara menurut Ace Priatna (65) warga Desa Cipancur Kecamatan Cibatu, baru membayarkan sebagian biaya naik haji dari total keseluruhan biaya. Sisanya akan dibayarkan sebelum pemberangkatan. “Sekarang daftarnya, paling cepat kata petugas baru bisa berangkat tahun 2016. Mudah-mudahan saya ada umur sehingga bisa menunaikan rukun Islam kelima ini. Saya biasanya membayar melalui tabungan di bank,” ungkap Ace.(sei)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...