Harian Umum Pasundan Ekspres Online

BRI Bina Pengusaha Kecil

Tingkatkan Jumlah Pinjaman Modal Usaha
PURWAKARTA-Pesta Rakyat Simpedes Bank BRI Cabang Purwakarta yang dilaksanakan, Sabtu (29/10) di panggung terbuka Situ Buleud Purwakarta berjalan meriah dan sukses. Ribuan nasabah BRI mengahadiri acara. Selain itu  digelar pameran yang 30 mitra binaan pengusaha kecil.
Menurut Pimpinan Cabang BRI Purwakarta Paul R Rompas, Bank BRI terus meningkatkan pelayanan. “Bank BRI akan terus memberikan dukungan dengan meningkatkan jumlah pinjaman modal kepada masyarakat,” jelasnya.
Salah satu yang menjadi mitra binaan BRI adalah kelompok perajin miniatur perahu Danau Biru Kecamatan Jatiluhur. Menurut salah seorang perajin Arifin, dukungan dari pemerintah dan kalangan perbankan akan memotivasi para perajin untuk lebih meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Sehingga kedepan, kerajinan perahu bisa dijadikan produk unggulan dan menjadi ikon Purwakarta di kancah industri nasional.
“Kami masih kesulitan dalam memasarkan produk. Pemerintah harus berperan. Karena persaingan sengit dalam industri kreatif pada era modern membuat pangsa pasar global harus dibarengi dengan memberdayakan kerajinan asli masyarakat,” ujarnya.
Diakuinya, saat ini para perajin belum menerapkan sistem pemasaran yang sistematis. Sebagian besar perajin miniatur perahu masih menjualnya secara individu. “Jika pola ini yang diterapkan, dipastikan mereka akan menemukan banyak kendala dalam hal menjual produk. Untuk itulah peran aktif pemkab, utamanya dalam segi promosi dibutuhkan. Jangan sampai industri kerajinan miniatur perahu menjadi punah mati,” lanjut Arifin.
Reni Yunita (32), salah seorang pembeli mengaku sangat tertarik dengan hasil kreativitas para perajin. Produk yang dihasilkan para perajin dinialinya sebagai karya yang cukup inovatif. “Jika industri ini ditopang pemerintah, saya yakin akan mampu menopang perekonomian daerah,” katanya.
Soal harga Reni mengatakan, sangat realistis. “Harganya murah antara Rp70 ribu sampai Rp250 ribu,” pungkasnya.(sei)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...