Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Kecurangan Pilkades Akan Dipidanakan

Semua Calon Harus Siap Menang dan Kalah
PURWAKARTA-Kapolres Purwakarta AKBP Ujang Bahtiar Purnama melalui Waka Polres Kompol Agusman Gursing mengatakan, kepala desa yang melakukan kecurangan dalam pilkades akan ditindak secara pidana. Hal itu diungkapkannya dalam rapat koordinasi para calon kepada desa beserta tim suksesnya, kemarin (1/12).
“Rapat koordinasi ini bertujuan agar pelaksanaan pilkades bisa berjalan aman dan lancar sesuai dengan harapan,” terang Wakapolres. Untuk itu, 25 calon kepala desa dari tujuh desa dan tim sukses dalam pilkades yang ada di lima kecamatan, yaitu Pondok Salam, Plered, Jatiluhur, Sukatani dan Bojong semuanya dikumpulkan.
“Kami ingin tercipta pilkades yang damai dan berjalan kondusif, dalam pelaksanaanya nanti diharapkan semua pihak yang mencalonkan diri harus siap kalah dan siap menang,” terang dia ketika berbincang dengan Pasundan Ekspres, Kamis (1/12).
Semua pihak yang terlibat harus bertanggung jawab agar pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman, tidak ada gangguan keamanan dan kenyamanan. “Maka, tim sukses juga harus ikut mendamaikan dan meminimalisir jika terjadi persoalan dan sudah semestinya setiap persoalan yang muncul terlebih dulu dimusyawarahkan,” harapnya.
Terkait dengan pelaksanaan pilkades, sebaiknya para calon dan tim suksesnya mempercayakan sepenuhnya kepada pihak panitia pilkades. Dan diberikan kepercayan penuh untuk melaksanakan pilkades sepanjang tidak keluar dari aturan. “Jka ditemukan ada kecurangan dalam pelaksanan pilkades baik yang dilakukan panitia ataupun para calon, tentu akan diproses secara pidana sesuai dengan UU yang berlaku,” imbuh dia.(ctr)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...

iklan kanan