Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Subang Akan Miliki Politeknik Negeri

SUBANG-Persaingan dunia pendidikan di Kabupaten Subang akan semakin meningkat. Hal ini terkait akan didirikannya Politeknik Negeri di wilayah Kecamatan Cibogo. Kemerin (27/12), penandatanganan nota kesepahaman pendirian langsung dilakukan oleh Plt Bupati Subang Ojang Sohandi dengan perwakilan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) yang diwakili, Dr Ir Ilah Syailah di aula Pemda Subang.
Penandatanganan disaksikan oleh seluruh kepala dinas dan para Camat se-Kabupaten Subang. Turut hadir pula Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat, Prof Dr H Muhammad Wahyudin yang dalam sambutannya menyatakan, berdasarkan hasil penilaian dari pemerintah pusat, Kabupaten Subang menjadi tempat yang tepat untuk didirikan Politeknik Negeri.
“Mudah-mudahan dengan adanya Politeknik Negeri, tingkat pendidikan masyarakat Subang menjadi meningkat. Dan upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.
Sementara Plt Bupati Subang, Ojang Sohandi menegaskan, pendirian Politeknik Negeri di Kabupaten Subang merupakan suatu penghargaan dari pemerintah pusat yang harus direspon dan didukung dengan baik. “Pemerintah pusat dalam pembangunan Politeknik Negeri hanya menyediakan untuk pembuatan sarana bangunan dan perkantorannya saja, mengenai lahan Pemerintah Kabupaten Subang yang menyediakan,” ujarnya kepada Pasundan Ekspres, kemarin (27/12) usai penandatanganan kesepakatan.
Menurut Ojang, dengan berdirinya Politeknik Negeri diharapkan tingkat ekonomi masyarakat di sekitar lokasi pendirian mengalami peningkatan. Begitupun dengan tingkat pendidikan generasi muda Subang akan mengalami peningkatan. Apalagi biaya pendidikannya relatif terjangkau akan sangat membantu ditambah lagi lokasinya dekat akan mampu menghemat biaya hidup dan pengeluaran saat kuliah.
“Walaupun berdiri Politeknik Negeri tetap tidak akan menjadi halangan Universitas Subang untuk menjadi Universitas Negeri, karena segmennya berbeda. Mudah-mudahan kedepannya Universitas Subang segera menjadi Universitas Negeri,” papar Ojang.
Sementara Perwakilan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Dr Ir Ilah Syailah menegaskan, keberadaan Politeknik Negeri diharapkan menjadi lembaga pendidikan yang mampu mencetak tenaga ahli baik di bidang industri maupun  di bidang teknologi. Tenaga ahli yang terampil dan inovatif sangat dibutuhkan agar banyak generasi muda yang memiliki kemandirian dalam hidupnya dengan keahlian yang dimilikinya. “Kita berharap lulusan politeknik nantinya menjadi tenaga ahli yang mampu menciptakan teknologi baru dan menjadi suplayer kebutuhan teknologi untuk home industry yang ada di subang dan sekitarnya, sifat konsuftif terhadap teknologi hasil karya luar negeri harus bisa disaingi dengan kemampuan lulusan politeknik yang memiliki kemampuan untuk berkarya dibidangnya masing-masing,” tutur  Dr Ir Ilah Syailah.(ckj)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...