Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Kantor Jamsostek KCP Subang Diresmikan

SUBANG-PT Jamsostek (persero) melebarkan sayap usahanya ke Kabupaten Subang. Selasa (2/7), telah resmi dibuka Jamsostek Kantor Cabang Pembantu (KCP) Subang yang beralamat di Jalan Perumnas Raya No 11 Subang. KCP ini sementara masih menginduk ke Cabang Purwakarta.
Acara peresmian kantor Jamsostek Subang ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigasi, Kepala Kanwil Jamsostek Jawa Barat, Muspika, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan perwakilan dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).
Plt Kepala Disnakertrans, Saad Abdul Ghani dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya karena kini perusahaan dan pekerja di Subang tidak harus jauh-jauh ke Purwakarta dalam mendapatkan fasilitas pelayanan dan klaim Jamsostek. “Kalau sudah dibuka kantornya disini, mudah-mudahan akan mempermudah pengusaha dan pekerja di Subang dapat pelayanan Jamsostek,” ujar Sa’ad.
Sementara Kakanwil Jamsostek Jabar, Teguh Purwanto mengatakan optimis Jamsostek di Subang akan berkembang, karena didukung Disnakertrans. Ia menargetkan, KCP Subang bisa meraih 100 ribu hingga 150 ribu anggota baru. Teguh melihat Subang 3 tahun mendatang akan menjadi wilayah industri yang maju di Jawa Barat.
“Purwakarta dan Karawang kan sudah penuh, Subang nanti yang akan berkembang industrinya. Apalagi nanti akan ada Tol Cipali dan pelabuhan di Cilamaya dan Patimban sebagai infrastruktur penunjang,” terangnya.
Ada 4 Program jaminan yang disediakan Jamsostek, yaitu jaminan pembiayaan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, tunjangan kematian dan jaminana kesehatan. “Iuran tergantung nilai upah pekerja. Misalnya, upah Rp1 juta maka iurannya Rp62 ribu per bulan,” ujar Kepala Pemasaran Jamsostek KCP Subang, R Sudrajat. Sedangkan target iuran Jamsostek KCP Subang sebesar Rp90 miliar untuk tahun ini.
Sementara perwakilan SPN, Utom menyatakan dukungannya terhadap pembukaan Jamsostek KCP Subang. “Bagus sekali, karena sangat membantu untuk meningkatkan pelayanan pada pekerja,” tandas Utom.
Dalam acara tersebut juga dibagikan beasiswa bagi siswa berprestasi yang orangtuanya merupakan anggota Jamsostek. Beasiswa langsung diberikan oleh Kakanwil Jamsostek Jabar, Teguh Purwanto kepada 3 penerima. (rif/din)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...