Perbaikan Jalur Puncak Ditargetkan Sebelum Lebaran

Perbaikan Jalur Puncak Ditargetkan Sebelum Lebaran

Inspektur Polisi Jawa Barat. Jenderal Agung Budi Maryoto mengatakan bahwa dia berkomitmen untuk membantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan menyelesaikan perbaikan jalan di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Berbicara saat melakukan pemeriksaan jalan di Puncak pada hari Sabtu, Budi mengatakan bahwa dia berharap jalan tersebut dapat diperbaiki sebelum Lebaran tahun ini, yang akan jatuh pada tanggal 15 sampai 16 Juni.

“Puncak merupakan daerah tujuan wisata favorit bagi masyarakat kita. Saya harap kita bisa mensurvei lagi untuk menentukan daerah mana yang rawan tanah longsor untuk melakukan tindakan antisipatif sebelum terjadi kecelakaan. Jadi kita tidak akan khawatir bepergian melalui Puncak untuk merayakan Idul Fitri, “kata Budi.

Jalan dekat Riung Gunung dan kurva Pinus rusak parah setelah tanah longsor melanda Puncak. Pedagang kaki lima terus melakukan kegiatan usahanya di daerah tersebut. Bahan sampah dan konstruksi telah menyumbat sistem drainase yang dibangun di bawah jalan melengkung, sehingga lebih mudah terkena tanah longsor.

Thorik dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan mengatakan, jalan di sepanjang rute Puncak Pass akan diperlebar untuk menampung kendaraan yang melaju di kedua arah.

Berbicara soal perbaikan jalan di dekat Riung Gunung dan kurva Pinus, dia mengatakan bahwa kementerian tersebut pertama kali menunggu hasil cek tanah yang dilakukan oleh laboratorium Balai Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Jawa Barat.

Jalur puncak yang tengah mengalami permasalahan karena roboh dibeberapa titik memang membuat lalu lintas menuju kawasan tersebut terganggu. Untuk saat ini, memang terdapat jalur alternatif yang bisa digunakan dari Jakarta menuju Puncak, Bogor, namun ini memerlukan jarak dan waktu yang lebih banyak sehingga jalur umum yang biasa diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu dekat.